Silsilah Singkat Demokrasi Di Indonesia

Silsilah Singkat Demokrasi Di Indonesia

Tiap-tiap bangsa pasti memiliki sejarahnya tersendiri untuk pelbagai macam cara yang sedang berjalan pada saat ini seperti yang terjadi di Indonesia. Salah satu hal yang harus menjadi perhatian kita merupakan mengenai sejarah demokrasi Indonesia. Dengan mengetahui sejarah tersebut tentu kita dapat mengenal perjalanan demokrasi Indonesia hingga dikala ini.

 

Sejarah mengenai demokrasi ini terbagi menjadi empat jangka waktu dan jangka waktu pertama adalah pada tahun 1945-1959. Pada periode hal yang demikian umum kita kenal dengan Demokrasi Parlementer yang mana demokrasi ini berjalan sesudah kemerdekaan. Tetapi seiring berjalannya waktu sistem yang satu ini tidak sanggup berjalan bagus di Indonesia sebab kita kurang cakap dalam mengerjakan demokrasi ala barat ini.

 

Kemudian periode kedua dalam sejarah demokrasi Indonesia terjadi pada tahun 1959-1965 yang kita kenal dengan nama Demokrasi Terpimpin. Pada periode ini ditandai dengan adanya dominasi kekuasaan dari presiden dan adanya dampak komunis. Puncak dari problem periode ini ialah pengangkatan Soekarno menjadi seorang presiden seumur hidup yang menimbulkan pelbagai variasi masalah sehingga demokrasi ini seharusnya berakhir pada tahun 1965.

 

Demokrasi jangka waktu ketiga ini berlangsung cukup lama merupakan mulai dari tahun 1965-1998 di bawah kepemimpinan Soeharto dan lebih dikenal dengan sebutan Orde Baru dengan menerapkan Demokrasi Pancasila. Namun dalam progres demokrasi ini sungguh-sungguh disayangkan jauh dari nilai-skor Pancasila yang harusnya diterapkan dalam demokrasi tersebut. apa yang dimaksud progres demokrasi hal yang demikian skor-skor demokrasi yang harusnya diungkapkan menjadi tidak ada dalam cara kerjanya dan cuma sebagai wujud formalitas saja.

 

Kemudian pada periode keempat ialah setelah era orde baru sampai dikala ini atau yang umum disebut dengan era reformasi. Pada periode ini masyarakat lebih menuntut adanya proses demokrasi dan juga adanya HAM yang berjalan secara konsekuen sehingga tak merugikan masyarakat lagi seperti pada era orde baru. Jadi itulah sedikit berita mengenai sejarah demokrasi Indonesia secara singkat. Semoga saja demokrasi yang sedang berjalan saat ini telah lebih baik sehingga sama-sama menguntungkan baik bagi pemerintah ataupun kita sebagai masyarakat.