Resep Membuat Makanan Tradisional Klepon

Resep Membuat Makanan Tradisional Klepon

Sebenarnya berhubungan dengan jajanan pasar tradisional, maka tidak ada habisnya. Apalagi ada banyak sekali jajanan pasar yang dipasarkan dan menjadi unggulan bagi banyak orang. Salah satu jajanan yang cukup populer adalah klepon yang berbahan dasar tepung ketan putih. Bila, cara membuat makanan ini dapat dikatakan cukup mudah karena bahan-bahan yang dibutuhkan amat simpel. Langkah untuk membuatnya malahan betul-betul gampang dan tidak memerlukan waktu yang lama. Kalau berharap membikin jajanan klepon di rumah, karenanya berikut ini yakni resep yang dapat ditiru.

Siapkanlah bahan-bahan yang Makananinternasional.com . Untuk bahan adonan, hanya perlu menyiapkan 200 gram tepung ketan putih, 200 ml air hangat dan pasta pandan, dan garam sejumput. Untuk isiannya cuma perlu mengaplikasikan gula Jawa yang diparut halus. Sementara untuk bahan kelapa parut perlu menyiapkan 50 gram kelapa parut kering, 10 ml santan kara, sejumput garam, dan 40 ml air panas. Jika semua bahan sudah siap, karenanya bisa segera menuju ke tahap pembuatan. Sistem membikin makanan tradisional ini sangatlah sederhana sehingga gampang dicontoh.

Pertama, cara membuat bahan taburan kelapa parut caranya betul-betul gampang yaitu dengan mencampurkan segala bahan kelapa parut menjadi satu dan kukuslah selama kurang lebih 10 menit. Atau dapat juga dengan memasukkan pada microwave selama 50 detik. Untuk membuat adonan, campuran tepung ketan beserta air hangat yang telah dicampur dengan pasta pandan. Setelah itu aduk hingga merata dan uleni secara ringan menggunakan tangan. Seandainya adonan telah terasa bisa dipulung karenanya tak perlu ditambahi air terlalu banyak. Untuk cara membikin klepon sendiri, dapat ambil sedikit adonan lalu di bulatkan dan dilubangi bagian tengahnya kemudian diberikan gula merah. Sesudah itu dibulatkan lagi. Lakukan hal yang sama hingga segala adonan terwujud menjadi bulatan kecil.

Kalau semua adonan sudah terwujud, langsung siapkan air di panci lalu panaskan sampai mendidih. Tunggulah sampai bulatan klepon mengapung tapi jangan lantas diangkat. Apabila sudah mengapung karenanya biarkan dulu sekitar 3 menit agar bagian dalam klepon juga matang. Apabila diperkirakan telah matang bagian luar dan dalamnya, maka bisa lantas angkat dan gulingkan di kelapa parut yang telah dikukus dalam keadaan hangat. Taruhlah di atas piring dan hiaslah supaya kelihatan lebih menarik. Dengan demikian klepon siap dihidangkan untuk camilan bersama teman atau keluarga.


Itulah beberapa langkah yang dapat dikerjakan untuk membikin klepon sendiri di rumah. Bagi yang ingin berbisnis, karenanya jajanan tradisional yang satu ini bisa diwujudkan sebagai ide bisnis menguntungkan. Sesudah metode membuat klepon terbilang cukup mudah, karenanya dapat menjadi pilihan yang benar-benar ideal. Apalagi untuk modalnya juga tak perlu banyak sebab bahan-bahan yang diperlukan mudah didapatkan dan harganya bahkan murah.