Perkembangan Esports Indonesia

Perkembangan Esports Indonesia

Game Esports telah semakin berkembang dan semakin banyak pula yang menggandrungi. Banyak buah hati muda yang telah menggeluti pada ranah Esports ini sebagai atlet profesional yang tergabung dalam club-club Esports Indonesia profesional. Tidak dapat dipungkiri bahwa game Esports sudah banyak peminatnya, tak cuma dari anak muda tetapi juga dari orang yang lebih dewasa. Kecuali itu, sekiranya dulu game ini kecenderungannya banyak dimintai oleh laki-laki, sekarang kian bayak pula perempuan yang menggeluti dalam bidang Esports, sehingga game esports ini tak melihat gender. Siapa dapat ikut serta andil di dalamnya.


Di dunia Internasional, esports telah sungguh-sungguh berkembang benar-benar kencang malah bisa dibilang telah maju dan dapat dukungan dari berbagi banyak pihak. Karena itu ranah Esports ini sudah tak dilihat lagi sebagai ranah hiburan yang memunculkan kesenangan semata, namun telah dianggap sebagai sesuatu yang serius sebagai salah satu cabang olahraga seperti olahraga lain. Kemudian dari segi pemain atau atlet, sudah dilihat sebagai suatu pekerjaan yang juga ditekuni dengan serius dengan gaji seperti halnya para pemain olahraga lain di suatu club.

Seperti halnya di luar sana, di Indonesia sendiri, perkembangannya telah benar-benar bagus semenjak sebagian tahun terakhir berkat kerja keras dari bermacam-macam pihak. Ini ternyata dengan adanya Indonesia Esports Association (IeSPA) atau Asosiasi Esports Indonesia yang mendukung akan perkembangan industri Esports Indonesia. Dalam upaya dukungan ini, sejumlah pihak menyelenggarakan kompetisi. Telah ada sejumlah event kompetisi yang bergengsi yang diselenggarakan di Indonesia yang ditiru club-club Esports profesional. Selain itu, pada Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia, Esports menjadi cabang eksebisi yang diperlombakan, yang menonjolkan adanya dukungan dari pemangku kebijakan.

Di sisi lain, perkembangannya bahkan tak dapat dilepaskan dari para anak muda berbakat dan kreatif pada industri ini. Dukungan terhadap industri Esports ini terintegrasi dari mereka yang menggeluti seperti sebagai developer game, publisher game, regu atlet atau pemain profesional, serta dari profesi terkait lainnya. Kemudian, dukungan dari adanya sponsor yang andil dalam setiap persaingan juga menjadi imbas yang besar untuk perkembangan Esports, yang memandang industri ini semakin akan maju di masa depan. Banyak pula pihak yang berinvestasi pada industri ini karena memperhatikan kans yang baik di masa depan.

Dunia game memang dari sejumlah aspek mengalami pergeseran tidak hanya sebagai hiburan, seperti pada game Esports, game yang mengutamakan taktik dan kerja sama regu. Sedangkan masih ada anggapan bahwa bermain game tidak menciptakan apa-apa, namun industri Esports Indonesia diprediksi akan kian berkembang. Rupanya semakin banyak anak muda yang berbakat yang menggeluti pekerjaan di bidang ini. Kecuali itu dukungan dari sejumlah pihak juga sudah mulai menonjol positif.
Website URL: https://esportsku.com